Sementara UMKM berusaha untuk membuat pemasaran media sosial bekerja untuk mereka, perusahaan besar dapat melakukannya dengan mudah. Perusahaan besar hanya perlu memasukkan nama mereka dan hanya itu. Masyarakat sudah mengenal merek tersebut.
Berbeda dengan UMKM, mereka perlu berupaya lebih untuk memperluas jangkauan media sosial mereka, mulai dari memastikan tampilan situs web yang baik, memastikan konten menarik dan relevan, hingga menemukan platform yang tepat.
Sosial Media Marketing Tidak Seefektif ketika Gratis
Ketika berbicara tentang pemasaran media sosial, pemilik UMKM seringkali berada dalam keadaan tidak tahu apa-apa. Tanpa sumber daya atau pengalaman, UMKM berada dalam posisi yang sulit untuk menemukan dan memaksimalkan usahanya.
Dan di era media sosial, ada opsi iklan berbayar, situasinya tidak jauh berbeda. UKM seringkali merasa tertinggal. Sementara perusahaan besar memiliki lebih banyak dana untuk membeli lebih banyak klik dan konversi.Sementara itu, UMKM memiliki lebih sedikit sumber daya untuk melakukan jenis kampanye iklan ini.
Agar pemasaran media sosial bekerja sebaik mungkin, Anda harus mampu membayar iklan di berbagai platform. Sementara itu, platform membutuhkan deposit di awal.
Cara terbaik untuk UMKM dalam memngelola Sosial Media
Ada beberapa cara bisnis kecil dapat mengelola pemasaran media sosial secara efektif tanpa menghabiskan banyak uang. Sementara perusahaan besar dapat membayar banyak uang untuk pemasaran media sosial mereka, usaha kecil tidak harus melakukan hal yang sama. Berikut adalah beberapa tip berharga yang dapat diingat oleh bisnis kecil dalam hal pemasaran media sosial;
Konten adalah raja:
Pemasaran media sosial selalu tentang konten yang bagus. Banyak usaha kecil telah mampu membangun kehadiran media sosial mereka dengan membuat konten bagus yang selaras dengan audiens mereka daripada hanya mengandalkan iklan berbayar.
Hal ini dapat dilakukan dengan mengunggah hal-hal seperti foto atau video produk atau layanan Anda yang sedang beraksi, berbicara tentang upaya pro-sosial terbaru perusahaan Anda, atau sekadar memposting fakta menarik tentang industri atau ceruk tempat Anda beroperasi. Intinya adalah, jenis konten ini membangun hubungan antara Anda dan audiens Anda dan membuat mereka kembali lagi!
Gunakan media sosial untuk memfasilitasi rekomendasi (Word Of Mouth):
Rekomendasi dari mulut ke mulut selalu memainkan peran penting dalam memengaruhi keputusan konsumen, tetapi munculnya pemasaran media sosial telah mempermudah bisnis untuk menyampaikan pesan mereka.
Sekarang Anda dapat menggunakan platform media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk menjangkau ratusan bahkan ribuan orang sekaligus menggunakan metode rekomendasi tradisional dari mulut ke mulut, seperti rekomendasi dari teman atau keluarga. Ini memungkinkan bisnis kecil dengan anggaran pemasaran terbatas untuk menjangkau pemirsa baru secara efektif.
Ingatlah selalu bahwa konten Anda harus selaras dengan konsep ini. Entah itu reaksi sederhana atau penerusan, postingan dan kreasi Anda harus dapat memotivasi orang lain untuk bertindak.Membuat sesuatu menjadi viral itu kerja keras, tetapi Anda tidak pernah tahu kecuali Anda mencobanya.
Mulai adalah kesempatan untuk menonjol:
Jadilah unik, jadilah nyata dan jadilah manusia. Memulai bisnis dimulai dengan membangun pesan yang kuat dan dilanjutkan dengan menyampaikan pesan tersebut. Fokus pada pesan Anda terlebih dahulu karena media sosial bukanlah sesuatu yang akan mengembangkan bisnis Anda dengan tergesa-gesa.
Internet adalah tempat di mana banyak konsep dan ide yang sama disimpan secara bersamaan. Salah satu cara untuk menonjol dari keramaian adalah dengan memeriksa apa yang ada di luar sana dan mencari cara untuk memperbaikinya.
Jika Anda ingin kehadiran media sosial Anda menonjol dan membuat orang kembali lagi, Anda harus melakukan upaya dua kali lebih banyak daripada perusahaan besar dalam hal pemasaran media sosial.
Anda tidak bisa hanya memposting foto dan video dan mengharapkan orang tertarik atau bahkan memperhatikan. Anda harus belajar menarik perhatian orang dengan konten interaktif yang membuat mereka merasa seperti anggota komunitas Anda yang berharga, bukan sekadar nomor pelanggan lain di spreadsheet di suatu tempat.
Kabar baik? Semakin banyak upaya yang Anda lakukan, semakin audiens Anda akan menghargai apa yang Anda tawarkan!